Contoh Surat Perjanjian Perdamaian yang Baik dan Benar

Contoh Surat Perjanjian Perdamaian
Sumber: pixabay.com

Contoh Surat Perjanjian Perdamaian – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh surat perjanjian perdamaian, dalam kehidupan sehari-hari tentu saja kita selalu membuat kesalahan, baik dirumah tetangga, ditempat kerja, ataupun sijalan raya. pada saat berkendara dijalan raya sebaiknya kita harus berhati-hati agar selamat sampai  tujuan. Karena berkendara yang tidak berhati-hati dijalan raya akan merugikan bagi kita sendiri dan orang lain. Nah untuk memudahkan anda semua dalam membuat sebuah surat perjanjian perdamaian yang baik dan benar disini kami sudah menyediakan beberapa contoh surat yang bisa anda jadikan ebagai bahan referensi dalam membuat sebuah surat perjanjian perdamaian.

Dalam suatu perkara saat tidak ingin melanjutkan kedalam pengadilan alias damai dan diselesaikan secara kekeluargaan, maka sebaiknya dibuat sebuah surat perjanjian damai agar tidak terjadi kesimpangan kesiuran diwaktu nanti. Surat perjanjian perdamaian pada dasarnya sama saja dengan surat perjanjian lainnya, yang membedakan hanyalah butir-butir kesepakatan atau perjanjian dari kedua pihak. Bagi anda yang belum mengetahui atau belum pernah membuat surat perjanjian damai, berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan saat membuat surat perjanjian yaitu:

  • Identitas kedua pihak yang meliputi, nama, jenis kelamin, umur, agama, pekerjaan, kewarga negaraan, dan alamat lengkap.
  • keterangan yang berlaku sebagai pihak pertama dan kedua.
  • Butir-butir kesepakatan kedua belah pihak
  • Tanda tangan kedua belah pihak berikut dengan saksinya

Contoh Surat Perjanjian Perdamaian

Seperti itulah bagian-bagian terpenting yang harus anda perhatikan dalam membuat surat perjanjian perdamaian. Jika anda belum paham mengenai bagian-bagian dalam membuat surat perjanjian perdamaian, berikut ini kami sudah menyiapkan beberapa contoh surat perjanjian damai yang bisa anda gunakan.

Contoh Surat Perdamian Kecelakaan Lalu Lintas

SURAT PERJANJIAN DAMAI.

Kami masing-masing yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama         :
Umur         :
Pekerjaan :
Alamat      :
Selanjutnya dengan pihak pertama (pengendara mobil toyota pajero AG 111 EB);

Nama        :
Umur        :
Pekerjaan :
Alamat      :
Selanjutnya disebut dengan pihak kedua (pengendara Honda jazz B 123 FER)

Sehubungan telah terjadinya dengan pihak kecelakaan lalu lintas pada hari Senin Tanggal 12 Desember 2018, sekitar pukul 09.30 WIB. Di jalan semarang desa jombang kecamatan ponorogo kabupaten magetan, antara mobil toyota pajero AG 111 EB yang dikendarai oleh pihak pertama bertabrakan dengan mobil honda jazz B 123 FER yang dikendarai oleh pihak kedua, akibat terjadinya kecelakaan tersebut kedua pengendara mengalami luka-luka dan kedua uniy kendaraan tersebut mengalami rusak ringan dan telah diamankan diPOS lantas sragen.
Atas kejadian kecelakaan lalulintas tersebut kami kedua belah pihak bersepakat berdamai secara kekeluargaan tanpa paksaan diri dari pihak manapun dengan perjanjian sebagai berikut:

  1. Pihak pertama dan pihak kedua mengakui akibat kelalaian berkendara dipihaknya masing-masing sehingga mengakibatkan kecelakaan tersebut.
  2. Pihak pertama bersedia membantu biaya kerusakan kendaraan peihak kedua sebanyak 50% dan pihak pertama membantu biaya pengobatan pihak kedua diluar BPJS sebanyak Rp.1000.000,- ( satu juta rupiah )
  3. setelah surat perdamaian ini kamu buat dan kami tanda tangani kami kedua belah pihak tidak saling menuntut, serta tidak menutut ganti rugi kepada pihak manapun kemudian hari, sehubungan dengan perkara kecelakaan lalu lintas diatas tersebut.

Demikianlah surat kedamaian ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa paksaan dari pihak manapun, melainkan atas kesadaran kami kedua belah pihak, untuk dapat dipergunakan sebagai semestinya.

Jambi 12 Desember 2018

Agus Salim

Pihak pertama

Habib Maulana
saksi-saksi

  1. Hamdan (saksi pihak kesatu)
  2. Hamzah (saksi pihak kedua)

Contoh Surat Perdamaian Perselisihan

SURAT PERJANJIAN DAMAI

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                       : Wagiman
Jenis Kelamin        : laki-laki
Umur                       : 54 Tahun
Agama                     : Islam
Pekerjaan                : Tani
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat                     : Marga tiga
Selanjutnya disebagai pihak pertama, melakukan kesepakatan dengan:

Nama                         : Wagino
Jenis kelamin          : laki-laki
Umur                         : 50 Tahun
Agama                       : Islam
Pekerjaan                 : Wiraswasta
Kewarganegaraan  : Indonesia
Alamat                      : Mengandung sari
Selanjutnya disebut dengan pihak kedua:

Dalam rangka menyelesaikan masalah perjanjian perdamaian ternak ini, wagiman dinyatakan sebagai dengan pihak pertama sepakat dengan wagino sebagai pihak kedua untuk menyelesaikanmasalah perdamaian ini dengan cara kekeluargaan, dimana kedua belah pihak telah mengadakan kesepakatan ini yakni:

  1. Dalam rangka melakukan perjanjian perdamaian ini pihak pertama tidak merasakan kerugian oleh pihak kedua atau pihak lainnya.
  2. Dalam rangka melakukan perjanjian perdamaian ini maka kedua belah pihak tersebut tidak ada yang merasa ditekan oleh pihak manapun dan dari siapapun.
  3. Setelah perjanjian perdamaian ini ditanda tangani oleh kedua belah pihak, jadi sudah tidak ada masalah apapun dan tidak ada tuntutan apapun dikemudian hari, baik dari pihak pertama maupun pihak kedua.

Demikian perjanjian ini dibuat dengan sebenar-benarnya atas kesadaran dari kedua belah pihak. Semoga surat perjanjian perdamaian ini dapat digunakan sebagaimana semestinya.

Jati Agung.

Pihak I                                                  Pihak II

 

Wagiman                                              Wagino

 

Saksi-saksi:
Pihak kepolisian  : – – – – –
Pihak I                   : Wagiman
Pihak II                 : Wagino

Contoh Surat Perdamaian Kasus Pidana

SURAT KESEPAKATAN BERSAM

Pada hari ini, tanggal 22 November 2018 dimarga tiga yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                         :
Tempat/Tgl. Lahir  :
Jenis kelamin           :
Pekerjaan                  :
Alamat                       :
Dan keterangan lain sesui kebutuhan
Selanjutnya dalam surat kesepakatan bersama ini disebut pihak pertama:

Nama                         :
Tempat/Tgl. Lahir  :
Pekerjaan             :
Alamat                       :
Dan keterangan lain sesui dengan kebutuhan
Selanjutnya dalam surat kesepakatan bersama ini disebut pihak kedua:

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA secara bersama-sama selanjutnya disebut PARA PIHAK. PARA PIHAK terlebih dahulu menerangkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Bahwa, pada hari senin tanggal 12 Desember 2018, para pihak pertama mengalami luka-luka dan harus mendapatkan perawatan medis dirumah sakit umum
  2. Bahwa, luka-luka yang dialami para pihak pertama tersebut diduka diakibatkan oleh tindakan penganiayaan yang dilakukan oleh pihak kedua bersama dengan beberapa oknum pelaku lain
  3. Bahwa, atas ketindakan penganiayaan tersebut, pihak pertama telah mengajukan laporan kepada pihak kepolisian atas dugaan tindak pidana penganiayaan yang dilakukan oleh pihak kedua
  4. Bahwa, pihak kedua telah mengakui perbuatannya dan menyatakan penyesalan atas perbuatan tesebut, menyampaikan permohonan maaf kepada pihak pertama, serta berjanji tidak akan mengulangi perbuatanya dikemudian hari
  5. Bahwa, pihak kedua telah meminta pihak pertama untuk mencabut kembali laporan yang telah diajukan kepada pihak kepolisian

Berdasarkan uraian diatas tersebut para pihak pihak pertama dan pihak kedua dengan ini menyatakan:

  1. Para pihak dengan ini sepakat untuk menyelesaikan permasalahan diatas secara damai dan kekeluargaan
  2. pihak pertama telah menyatakan memaafkan dengan iklas tanpa syarat perbuatan pihak kedua (tindakan penganiayaan) terhadap pihak pertama
  3. Pihak pertama dengan ini sepakat untuk melakukan pencabutan laporan polisi atas dugaan tindakan penganiayaan oleh pihak kedua terhadap pihak pertama, dan berjanji tidak melakukan tuntutan hukum apapun setelah terkaitnya tindakan penganiayaan tersebut
  4. Dalam hal pihak pertama ataupun pihak kedua melakukan tindak pidana lain dikemudian hari baik terhadap salah satu pihak diantaranya atau terhadap barang/orang lain, maka hal itu menjadi hal suatu tindakan pidana lain yang bisa ditindak lanjuti yang sesuai peraturan undang-undang yang berlaku

Demikian SURAT KESEPAKATAN BERSAMA ini dibuat dalam 2 (dua) rangkap bermaterai cukup. PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA masing-masing memperoleh satu rangkap yang kesemuanya mempunyai kekuatan hukum yang sama.

SURAT KESEPAKATAN BERSAMA ini berlaku sejak ditandatangani oleh SEMUA PIHAK

PIHAK PERTAMA                                                         PIHAK KEDUA
_____________                                                                 ___________

                                          SAKSI-SAKSI

 

SAKSI 1                                                                             SAKSI 2

_____                                                                             ________

 

Seperti itulah penjelasan mengenai cara membuat contoh surat perjanjian perdamaian yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat membantu anda dalam membuat sebuah surat perjanjian perdamaian.

About Rofik 17 Articles
Segala sesuatu tidak ada yang tidak bisa dilakukan asalkan mau belajar...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*